+44(0) 1234 567 890 info@domainname.com

Sabtu, 25 Januari 2014

Jangan Terkecoh [Lagi] : Arab Tapi Kristen

01.47

Share it Please
Bismillahirrohmaanirrohiim.

Masih ingat tokoh Maria dalam film "Ayat ayat cinta"? Itu tuh yang diperanin Carissa Putri. Seorang Kristen Koptik yang jatuh hati sama Fahri, itulah yang saya maksud dengan Arab tapi Kristen :D, suku bangsa Arab itu gak sebatas di KSA (Kingdom of Saudi Arabia) tapi juga meliputi Yordania, Syiria, Lebanon, Palestina, Qatar, Yaman, Oman, Kuwait, sampai Mesir. Dalam film tersebut Maria menulis surat cinta pake bahasa Arab, loh. :)


Sekarang, coba kita perhatikan kaligrafi yang indah ini :



Apakah kaligrafi tersebut kutipan dari ayat Al Qur'an ato dari hadits ? Tidak ! itu do'a baku agama Kristen yang pernah saya bahas dalam postingan "Jangan Terkecoh, Kawan" Kaligrafi tersebut akan mudah dideteksi sebagai do'a Kristen jika seperti ini :


Nah loh ! Hal ini perlu saya bahas agar kita ummat Islam Indonesia tidak terkecoh bahwa segala sesuatu yang bernuansa Arab, entah budaya bahasa ato adat istiadat itu ajaran Islam. So, jangan anggap para Pejuang Palestina itu semua beragama Islam, daaan tidak semua orang2/golongan maupun situs yang getol berteriak "Save Palstina" itu beragama Islam, gitu loh maksud saya. Yang pasti ummat Islam tidak akan menjadikan isu Palestina sebagai kendaraan politik untuk mendongkrak pengikut partai :D

Kristen Orthodox

Kristen orthodox bisa dibilang Kristen yang masih berpegang pada akar kekristenan awal (Nashrani), yang tidak banyak terkontaminasi oleh gesekan budaya dari Helenisme (Yunani) maupun Westernisme (Romawi), jadi tak ada nama Yesus dalam kitab mereka, mereka mengenalnya sebagai Isa Al Masih. Sayangnya mereka masih menganggap bahwa Isa Al Masih adalah titisan Allah :(

Berikut adalah beberapa contoh aktifitas Kristen Orthodox (Koptik) Mesir, jika saja tanda salibnya dihilangkan, tentu saja kita menyangka itu aktifitas ummat Islam. cekidauw :

Gereja Koptik (Kristen Orthodox) Mesir
Umat Koptik (Kristen Orthodox Mesir), juga pake kopyah.
Misa Jemaat Koptik Mesir
Kristen Koptik Mesir, berdo'a
Sebuah Keluarga Koptik berziarah di Goa Maria
Dan berikut beberapa contoh aktifitas Kristen Orthodox di Syria dan Rusia :

Gereja Orthodox Rusia
Katedral St. Sophia (Harbin, China), Gereja Orthodox terbesar di Timur-Jauh 

Kristen Orthodox, juga berjilbab
Kristen Orthodox, berdo'a
Kristen Orthodox Iraq
Kristen Orthodox Rusia
Kristen Orthodox Syiria

Kristen Orthodox di Indonesia.

Silahkan simak sendiri di sini : 
http://at-thaifahmanshurah.blogspot.com/2012/06/kristen-mirip-islam-hati-hati-kristen.html

Kita akan tahu bagaimana aktifitas mereka, sholat, puasa dan merekapun mengadakan MTI (Majelis Tilawah Injil) yang tentu saja berbahasa Arab. Mereka juga terbiasa mengucap salam "Shalom Aleikhem", membiasakan diri dengan bahasa Arab keseharian (ana, antum, akhy, ukhty, syukron, afwan, dsb...), membiasakan diri menulis kaligrafi Arab. Yang lebih halus lagi, mereka sangat getol berteriak "Save Palestina", berpropaganda akan datangnya Imam Mahdi, dan mengajak menanti nanti datangnya sang Al Masih :(


Sumber bacaan :
http://www.rnw.nl/bahasa-indonesia/article/kaum-kristen-koptik-mesir-tidak-takut-lagi
http://terangdaritimur.blogspot.com/2009/12/imam-senior-gereja-orthodox-yunani-di.html
http://christianforpeace.blogspot.com/2011/03/kristen-ortodoks-syria-serupa-tapi-tak.html
http://sandey28mz82.blogspot.com/2009/06/kristen-ortodoks-syria.html
http://friendsofindonesia.org/2012/05/fr-alexios-represent-the-orthodox-faith-in-indonesia/
http://www.thenationalherald.com/category/Community-Church/7
http://islam-tulen.blogspot.com/2010/04/plagiat-dalam-shalat.html
http://christianforpeace.blogspot.com/2011/01/jawa-pos-jelajah-sungai-nil-sebuah.html

Semoga bermanfa'at. Terima kasih

2 komentar:

  1. yang saya pikirkan adl blog ini terlalu bodoh dan menyudutkan agama kristen. ya jelaslah arab egk cuma islam. tapi ada agama lainnya termasuk kristen.
    sama halnya di malaysia, yangn mayoritas islam tp pasti ada kristennya juga.
    soal pemakaian bahasa dan penulisan arab di timur sana, bukannya memang itu bahasa dan penulisan mereka sehari-hari?? lantas apa salah jika mereka umat kristen menuliskan misalnya "aku cinta Yesus" menggunakan bahasa arab?
    belum lagi soal "save Palestina" tolong yaa kalau menulis yg pintar.

    BalasHapus
  2. bukan bukan tidak menghargai namun memberikan informasi... Agar manusia dapat berfikir lebih jernih... Menurut saya informasi2 seperti ini bagus... Membuat pemeluknya harusnya berfikir dan mencari kebenarannya... Benar ngga ??

    Logikanya gini mbak, kalo mbak dapet tinggal di USA sono nah nyari buku nih ttg kristen.. Eh dapet tulisannya bagus mbak terpesona dengan kata-katanya... Ternyata itu ayat Al-Qur'an. Gimana ? Gimananya mikir luas ya jangan bilang "yang nulis replay ini goblok :)"


    Lantas kalau ngga ada informasi seperti ini, siapa yang mau mengingatkan. Orang masuk neraka dibiarkan alasannya "Hak Beragama" lah "Urusan masing-masing lah" dan sebagainya. Yaudah saya masuk surga aja sendiri. Kan gitu toh bener ??

    Begitupun sebaliknya, jika ada dari agama manapun yang informasinya perlu diulas lagi sampaikan saja... Biarkan umatnya berfikir.. Begitu seharusnya.. Bukan untuk saling mencela tapi untuk sama-sama mencari jalan kebenaran dari Tuhan semata. Bukan Tuhan-Tuhanan :)

    BalasHapus

Temukan Kemudahan dan Keindahan Islam Setelah Membaca Artikel Kami. Berilah Komentar Atau Tinggalkan Pertanyaan Anda Sehingga Kita dapat Memperkuat Silaturrahim. Jazaakallahu Ahsanal Jazaa'

Populer Mingguan