+44(0) 1234 567 890 info@domainname.com

Jumat, 19 Juli 2013

Apakah Malaikat Jibril 'Pensiun' dari Tugas Menyampaikan Wahyu?

09.25

Share it Please

BismiLLah.

Singkat saja pertanyaan saya. Sesuai dengan keterangan bahwa tugas utama malaikat Jibril adalah menyampaikan wahyu kepada Nabi dan Rasul. Nah, sedangkan kita ketahui bahwa Nabi dan Rasul sudah tidak ada lagi. Jadi tugas utamanya malaikat Jibril sekarang apa?



Terima kasih sebelum & sesudahnya.



(Bm_79, taofanmh@gmail.com)




Jawab:



Benar bahwa salah satu tugas malaikat Jibril adalah menyampaikan wahyu Allah kepada para nabi dan rasul. Tetapi, di samping tugas itu, malaikat Jibril juga memiliki tugas-tugas lain. Salah satunya adalah turun ke bumi membawa rahmat dan kedamaian pada setiap malam kemuliaan (Lailat al-Qadr) pada bulan Ramadan. Mari kita baca bagian awal surah al-Qadar [97] yang maknanya sebagai berikut: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (yakni Alquran) pada malam kemuliaan. Dan, tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan." (QS al-Qadr [97]: 1-4).



Ulama-ulama tafsir mengatakan bahwa yang dimaksud dengan kata 'ar-ruh' pada ayat 4 surah al-Qadr di atas adalah malaikat Jibril. Dari situ dapat dipahami bahwa salah satu tugas malaikat Jibril adalah turun pada malam kemuliaan (Lailat al-Qadr) untuk mengatur segala urusan, di antaranya menurunkan kedamaian dan ketenteraman kepada orang-orang yang siap menerimanya. Untuk tugas yang satu ini tentu saja tidak berhenti dengan wafatnya para nabi dan rasul, sebab kita tahu bahwa lailat al-qadr masih terus akan terjadi setiap Ramadan sampai Hari Kiamat.



Pada ayat lain disebutkan demikian: "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, kelak Allah Yang Maha Pengasih akan menanamkan dalam (hati) mereka rasa cinta/kasih sayang." (QS Maryam [19]: 96). 



Di dalam salah satu hadis–yang bisa dianggap sebagai penjelasan dari ayat ini– disebutkan bahwa Rasulullah saw bersabda, “Jika Allah mencintai seorang hamba, Dia menyeru kepada malaikat Jibril, ‘Sesungguhnya Aku mencintai si fulan.’ Maka malaikat Jibril pun mencintai hamba itu kemudian berseru [menyatakan kecintaannya] kepada semua penghuni langit [agar mencintai hamba itu], lalu menurunkan rasa cinta kasih kepada penduduk bumi terhadap hamba itu.” (HR Bukhari dan Muslim, bersumber dari Abu Hurairah ra).



Dari keterangan Nabi saw itu kita pahami bahwa malaikat Jibril juga bertugas menurunkan rasa cinta kasih ke dalam hati penduduk bumi terhadap hamba-hamba yang dicintai Allah. Tugas yang ini pun masih terus berlangsung hingga Kiamat, tidak berhenti dengan wafatnya para nabi dan rasul. Itu, saya kira, beberapa tugas malaikat Jibril selain menyampaikan wahyu. 



Demikian, wallahu a’lam.



( rmd / rmd ) 

Sambung Silaturrahmi Dengan Kami Admin Islam Is Easy Melalui Yahoo Messenger 



0 komentar:

Poskan Komentar

Temukan Kemudahan dan Keindahan Islam Setelah Membaca Artikel Kami. Berilah Komentar Atau Tinggalkan Pertanyaan Anda Sehingga Kita dapat Memperkuat Silaturrahim. Jazaakallahu Ahsanal Jazaa'

Populer Mingguan